Lapulu City

Efek Retro Dengan Sedikit Sentuhan Dengan Photoshop

Rabu, 01 Agustus 2012

Tutorial ini lanjutan dari serangkaian trik untuk membuat sebuah foto menjadi lebih artistik. Pada pembahasan kali ini akan ditunjukkan bagaimana memberikan efek retro ke dalam sebuah foto yang lebih fresh dan modern. Ya sudah, nggak usah lama-lama, langsung saja ikuti tutorial berikut ini.
Level tutorial: Dasar-Menengah
Durasi :15 menit
Materi : Efek Retro Modern
1. Langkah pertama seperti biasanya, siapkan sebuah foto yang ingin kamu pake buat kelinci percobaan..hehe.. untuk kali ini saya pilih fotonya Kak Maudy Koesnaedi yang cantik ini.
efek retro photoshop
Maudy Koesnaedi
2. Buatlah New Layer bernama “Layer 1” yang nantinya akan dipakai untuk menyimpan efek warna.
efek retro photoshop
create new layer
3. Pada deretan tools yang biasanya berada di sebelah kiri yang bentuknya memanjang ke bawah. KlikRectangular Marquee Tool (M) untuk membuat seleksi foto.
efek retro photoshop
Rectangular Marquee Tool (M)
4. Pada Layer 1, buatlah sebuah seleksi menggunakan Rectangular Marquee Tool tadi pada setengah bagian kiri foto saja. Berikan warna merah pada bagian yang telah diseleksi dengan menekan tombolAlt+Del.
efek retro photoshop
seleksi warna merah
5. Ulangi langkah nomor 4 untuk memberikan seleksi pada setengah bagian foto sebelah kanan yang masih nampak fotonya, kemudian berikan warna hijau. Maka akan jadi seperti di bawah ini.
efek retro photoshop
seleksi warna hijau
6. Selanjutnya sembunyikan Layer 1 sehingga warna merah dan hijau tidak tampak di layar. Kemudian silahkan pilih layer “Background” untuk memberikan efek pada langkah berikutnya.
efek retro photoshop
sembunyikan layer 1
7.  Pada deretan toolbar bagian atas, klik Image > Adjusments > Match Color.
efek retro photoshop
menu
8. Muncul kotak dialog Match Color, kemudian isilah nilai Color Intensity:170, Fade:50, beri tanda contreng pada pilihan Neutralize. Kemudian pada Source pilih nama file foto yang diedit misalnyamaudy2.jpg, pada Layer pilihlah Layer 1. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
efek retro photoshop
MatchColor
9. Setelah kamu berhasil melewati langkah demi langkah tersebut, maka hasil akhirnya adalah seperti di bawah ini. Foto menjadi lebih fresh dengan efek semi retro.
efek retro photoshop
efek retro yang fresh
coba bandingkan foto sebelum dan sesudah, berbeda kan? Sampai jumpa di tutorial berikutnyaa.. :)
efek retro photoshop
bandingkan hasilnya

0 komentar:

Posting Komentar

Aboute me

Facebook Like Box